wellcome

Kamis, 29 Desember 2011

Walkthrough Harvest moon back to nature part 1



Kamu masih ingat sama game ps satu  yang paling populer tidak? Game RPG biasanya selalu identik dengan petualangan tempat kamu harus bertarung dengan para monster seram-seram. Tapi Harvest Moon, yang bertema kehidupan sehari-hari, nggak ada yang namanya jurus combo mematikan. Adanya cuma penyiram air, pacul, atau kapak buat nebang pohon, tapi…… eh malah sukses! HotGame yang pertama kali memuat strateginya beberapa bulan lalu, masih sering disuratin penggemar yang tanya ini itu. Maklum game ini memang awet. Makin lama, rahasia dan data yang kita punya juga makin banyak. Jadi kangen masa-masa pas masih SD dulu :( dan sama ps satu gw yang rusak. Buat yang mau bernostalgia saya punya WALTHROUGH dan RESEP MASAKAN HARVESTMOON BACK TO NATURE TERLENGKAP.
Dan kalo ngga punya PS tapi punya komputer atau LAPTOP bisa download Emulatornya..... KLIK DISINI UNTUK DOWNLOAD!!
 Nah, biar lebih seru, simak strategi lengkapnya. 
WALKTHROUGH
Tanggal Ultah dan Hadiah Kesukaan
SPRING
Louis: Spring 2 Madu, Jam.Saibara: Spring 11 - Bijih besi.Elli: Spring 16 - Bunga. Pekerja keras, diam-diam ia disukai oleh dokter. Bila ultahmu Summer 16, ultah Elli akan jadi Summer 20.
Jadwal:
kecuali Rabu 9:00 AM - 7:00 PM - Clinic
Rabu: 9:00 AM - 1:00 PM - Rumahnya
1:00 PM - 4:00 PM - Supermarket
4:00 PM - 7:00 PM - Rumahnya
Barley: Spring 17- Bunga.Lillia: Spring 19 - Bunga, Madu, Jam.Greg: Spring 26 - Ikan besar, Ikan sedang, Makanan Ikan.Sasha: Spring 30 - Bunga, Flour, Madu.
SUMMER
Popuri: Summer 3 - Bunga, Madu. Dia suka semua yang imut-imut. Tinggal bersama Rick kakaknya dan ibunya Lilia di Poultry Farm. Bila hari ultahmu Summer 3, ultahnya jadi Summer 10. Biarpun sainganmu, Kai hanya muncul pada musim panas, kamu tetap harus berusaha menyenangkan Popuri.
Jadwal:
Bila cuaca baik:Kecuali Minggu
7:30 AM - 10:00 AM - Hot Springs
10:30 AM - 6:00 PM - Rumahnya
Sunday
8:30 AM - 10:00 AM - Church (musim panas saja)
10:00 AM - 1:00 PM - Church
1:30 PM - 4:00 PM - Rose Square
Bila cuaca buruk: kecuali Minggu
9:00 AM - 6:00 PM - Rumahnya
Minggu
10:00 AM - 4:00 PM - Church
Harris: Summer 4 - Bunga, Onigiri.Cliff: Summer 6 - Onigiri, Spa-Boiled Egg. Tinggal di Inn. Kalau kamu mengajaknya bekerja di Vineyard, dia akan menjadi temanmu.Basil: Summer 11-Bunga.Ann: Summer 17-Spa Boiled Egg. Gadis tomboi sehingga ayahnya (Doug) takut Ann tidak bisa menikah. Ann pandai masak dan ramah. Cliff adalah sainganmu untuk mendapatkan Ann. Ann akan mengundangmu ke acara ultahnya bila parameter perasaannya sudah ungu atau lebih. Jangan lupa datang dengan membawa hadiah. Bila ultahmu Summer 17, ultah Ann akan jadi Summer 22.
Jadwal:
Bila cuaca baik: 7:30 AM - 10:00 AM- HotSpring, 10:30 AM to 10:00 PM - Inn
Bila cuaca buruk: 6:00 AM to 10:00 PM- Inn
Kai: Summer 22 - Flour, Oil. Hanya muncul pada musim panas (menetap bila menikah dengan Popuri). Orangnya ceria dan berterus terang.Zach: Summer 29 - Onigiri.
FALL
Gotz: Fall 2 - Bahan-bahan.Stu: Fall 5 - Madu, Juice, Jam.Hoggy: Fall 10. Sprite berbaju kuning, hobinya tidur.Manna: Fall 11 - Madu, Bunga.Karen: Fall 15 - Wine. Cantik, pemilih, suka minum untuk melupakan masalahnya. Satu-satunya karak-ter wanita yang dapat ditemukan di Inn pada malam hari. Bila ulathmu Fall 15, ultahnya jadi Fall 23. Rick menyukainya dan selalu cemburu pada Kai.
Jadwal:
Bila cuaca baik: Kecuali Minggu dan Selasa
8:00 AM - 10:00 AM - di luar Clinic/Supermarket
10:00 AM - 1:00 PM - House
1:00 PM - 7:00 PM - Supermarket
7:30 PM - 10:00 PM - Mineral Beach
Minggu, Selasa
8:00 AM - 10:00 AM - di luar Clinic/Supermarket
10:00 AM - 1:00 PM - House
1:00 PM - 4:00 PM - Hot Springs
8:00 PM - 10:00 PM - Inn
Bila cuaca jelek:Kecuali Minggu, Selasa
9:00 AM - 7:00 PM - Supermarket
Minggu, Selasa
1:00 PM - 4:00 PM - Rumah Gotz
8:00 PM - 10:00 PM - Inn
Doctor: Fall 17 - Poisonous Mushroom. Orangnya sangat sibuk tapi ia ramah.Anna: Fall 23-Madu, Flour.Rick: Fall 27 - Makanan Ayam. Orangnya baik,tapi ia tidak suka pada Kai. Tinggal di Poultry Farm.
WINTER
Kano: Winter 2 - Bunga, Jamur.Gray: Winter 6 - Bijih Besi. Tinggal bersama dan bekerja untuk kakeknya Saibara. Ia pemalu dan merasa kurang dihargai oleh kakeknya. Kalau bukan bekerja biasanya ia ada di perpustakaan.Doug: Winter 11 - Flour, Kare Flour, Oil.Ellen: Winter 13 - Onigiri, Bread, Egg, Spa-Boiled Egg.Duke: Winter 15 -Bread, Onigiri, Spa-Boiled Egg.Won: Winter 19Mary: Winter 25 - Bamboo Shoots (rebung). Gadis yang manis, suka bicara tentang buku. Bila ultahmu Winter 25, ultah Mary jadi Winter 25. Mula-mula ia belum sadar bahwa Gray suka padanya.
Jadwal:
Bila cuaca baik: Kecuali Senin:
10:00 AM to 6:00 PM - Library
Senin:
7:00 AM - 10:00 AM - Mother’s Hill
11:00 AM - 12:30 PM - dalam rumahnya
1:00 PM - 4:00 PM - dalam Supermarket
Bila cuaca buruk: kecuali Senin:
10:00 AM - 6:00 PM- Library
Senin:
10:00 AM - 12:30 PM - dalam rumahnya
1:00 PM - 4:00 PM - dalam Supermarket
Karakter-karakter lain
Pastor Carter
Sprite: Peri-peri yang tinggal di pohon belakang gereja. Sprites suka aksesoris, apple pie, bodigizer, bread, butter, cake, cookies, fruit juices, green grass, honey, hot milk, jam, omelets, relaxation tea, strawberry milk, sweet potatoes, mix juices, pizza, wild grapes, wine and yarn. (Jangan lupa membungkus hadiah itu di toko.) Mereka tidak suka binatang yang besar.
Bold (baju ungu): Spring 4
Staid (baju biru tua): Spring 15.
Aqua (baju biru muda): Spring 26.
Timid (baju hijau): Summer 16
Hoggy (baju kuning): Fall 10.
Chef (baju merah): Fall 14.
Nappy (baju oranye):Winter 22
Cat: Kalau minta tolong, gunakan saja 3-4 sprite, jangan memanggil semuanya karena nanti saat kamu benar-benar butuh lagi mereka terlalu sibuk dengan pekerjaan mereka sendiri. Kecuali kalau kamu ingin menggarap ladangmu besar-besaran, sekitar 10-20 baris, barulah kamu butuh 7 orang sekaligus.Gourmet : Seorang pesolek yang muncul untuk menilai makanan setiap orang yang mengikuti festival masakan.
Heart Key
Parameter perasaan cewek padamu. Ingat yang bisa kamu nikahi adalah Ann, Elli, Karen, Mary, atau Popuri. (Untuk HM for Girl yaitu cliff, Kai, Rick, Doctor, atau Gray)Hitam: Tidak ada perasaan apapunUngu: Sopan padamuBiru: Sebagai temanHijau: MenyukaimuKuning: Jinak-jinak merpatiOrange: TerpikatMerah: Mencintaimu
The Village
1. Tanah pertanianmu
2. Blacksmith (Pandai Besi)
10AM-4PM. Tutup pada setiap hari Kamis.
3. AJA Winery
9AM-12PM. Tutup pada setiap hari Sabtu.
4. Mary’s House
5. Library
10AM-4PM. Tutup pada setiap hari Senin.
6. Ellen’s House
Tempat tinggal Ellen, Stu, dan Eli.
7. Mayor’s House
Ketika Mayor keluar, temannya Kano biasanya berada di sini.
8. Supermarket
9AM-5PM. Tutup pada setiap hari Selasa dan Minggu
Rumah Karen nyambung dengan Supermarket.
9. Inn
8AM-9PM
Doug dan Ann tinggal di sini. Kai, Cliff, dan Gray tinggal di ruangan atas. Dan pada malam hari setelah 8PM, banyak penduduk desa dapat ditemukan duduk-duduk sambil minum. Won, penjual biji-biji yang aneh, juga dapat ditemukan di sini.
10. Clinic
9 AM-4 PM. Tutup pada setiap hari Rabu.
Doktor dan Eli bekerja di sini.
11. Church
9AM-8PM
Pastor selalu berada di sini. Banyak kakater lain dapat ditemukan di sini dari waktu ke waktu, seperti Cliff, Popuri, Stu dan May.
12. Sprites’ Home
Lokasinya terletak di dalam pohon di belakang gereja.
13. Rose Square
Tempat kebanyakan festival. Ada sebuah tong sampah yang terletak di area ini.
14. Mineral Beach
Zach, bertugas mengirim paket, dan Greg tinggal di sini. Pantai adalah rumah untuk satu atau dua perayaan yang merupakan lokasi tepat untuk memancing.
15. Yodel Farm
9AM-3PM. Tutup pada setiap hari Senin.
Barley dan May tinggal di sini. Kamu dapat membeli dan menjual binatang seperti Domba dan Sapi Ada beberapa festival diadakan di sini. Bila kamu memutuskan agar anjingmu dipelihara Hana, Yodel Farm Dog, kamu harus mampir setiap hari supaya anjingmu tetap bergembira.
16. Poultry Farm
12PM-4PM. Tutup pada setiap hari Minggu.
Tempat tinggal Popuri, Lillia, dan Rick. Selain itu Poultry Farm juga tempat kamu dapat membeli atau menjual ayam-ayam dan mendapatkan ayam-berhubungan supplier pertanian.
17. Carpenter’s House
Kalau kamu mencari sesuatu untuk mengupgrade tanah pertanianmu, ini merupakan tempat yang harus kamu tuju. Gotz, si tukang kayu, tidak memiliki waktu yang tetap, dan dia seringkali ditemukan berkeluyuran di sekitar pegunungan sedang mencari makanan dan kayu. Louis juga tinggal di sini. Sekitar rumah Gotz terdapat banyak kayu untuk kamu tebang.
18. Hot Spring
Spa yang berada di lingkungan luar. Ketika karaktermu mulai lelah, habiskan satu jam dalam spa untuk mengembalikan energimu.
19. Lake Kappa
Ada Winter Mine yang hanya bisa kamu gali pada musim dingin.
20. Puncak Mother’s Hill
Puncak tertinggi pegunungan.
21. Mother’s Hill
Di pegunungan ini terdapat banyak benda. Tergantung musim, kamu dapat pergi ke sana ke mari di area ini untuk mendapatkan buah-buahan dan berry. Kamu juga bisa mendapatkan kayu, bunga, dan banyak lagi.
The Cave
Tempat ini berada di belakang air terjun dekat Hot Spring. Gunakan cangkulmu untuk menemukan biji-biji guna mengupgrade peralatanmu. Nilainya sama baiknya dengan benda-benda lainnya, misalnya uang.
Ketika menggali, kamu kadang-kadang menjumpai tangga-tangga yang membawamu ke area-area lebih rendah. Area yang lebih rendah itu merupakan tambangmu, di sini kamu dapat menemukan benda-benda lebih baik.
Festivals
SPRING
1: New Years Festival: Rose Square. Minum dengan orang dewasa di Inn (awas jangan kebanyakan minum). Untuk menari dengan wanita, pergi ke Square.
8: Spring Goddes Festival: Rose Square
14: Thangksgiving Festival: Bagi-bagikan cookies buatanmu kepada gadis-gadis.
18: Horse Race: Walaupun kamu datang telat, kamu bisa mengikuti semua lomba (ada 3).
22: Cooking Festival: Periksa makanan yang dikeluarkan oleh peserta lomba lain, mungkin kamu akan menemukan sesuatu.
Untuk menang harus menggunakan bahan makanan yang banyak, berkualitas, dan alat yang tepat. Resep yang rumit juga memperbesar kemungkinan menang. Bumbu-bumbu lebih-kurang sedikit tidak berpengaruh. Bahan-bahan seperti telur dan susu yang mempunyai hitungan angka tidak ada hubungannya pada keahlian pembuatan. Untuk kue, bila kebanyakan telur atau susu, bakalan gagal. Tapi bagi yang kualitasnya bisa dijumlah, misalnya dalam 1 resep pakai 2 telur, tidak ada masalah. Coba dulu resep yang akan dilombakan karena ada bahan yang cocok dengan masakan tertentu ada yang tidak.
SUMMER
1: Sea Opening: Power Berry hanya bisa didapatkan dengan menang lomba pertama. Saat lomba, selang-selingi antara bernapas dan berenang (tombol O dan Kotak). Beberapa saat menjelang finih lakukan last spurt, berenang sekuat tenaga. Kalau sempat, sebelumnya cari dan baca buku tentang festival dan berenang di perpustakaan.
7: Chicken Festival: Selain jumlah heart ayam yang maksimal (10), pada saat ayammu berhadapan dengan sesamanya, tekan tombol O untuk bersorak memberi semangat. Bila lawan mengejek, langsung balas dengan sorak semangat.
12: Tomato Festival: Perang
20: Cow Festival: Yodel Ranch. Menang-kalah tergantung jumlah hati sapimu..
24: Fire Works Display: Bisa janjian sebelumnya dengan pasangan nonton.
FALL
3: Music Festival: Gereja, 6 PM.
9: Harvest Festival: Rose Square, 10 AM. Tanggapan penduduk tergantung makanan yang kamu bawa untuk dimasukkan ke Village Pot.
13: Moon Viewing Festival: Di puncak gunung mungkin kamu akan bertemu gadis yang paling kamu sukai.
24: Sheep Festival: Yodel Ranch. Anak domba, domba hamil, dan domba yang sudah dicukur tidak bisa dilombakan.
25: Fall Horse Race
WINTER
10: Dog Race: Rose Square, 10 AM. Tergantung jumlah heart dan kecekatan anjing. Bila kecekatan anjing rendah, lari ambil jarak sedikit dari anjing (jangan berlebih). Untuk meningkatkan heart, jangan mengeluarkannya dari rumah saat cuaca buruk dan peluklah ia sekali sehari. Latihan dengan Dog Ball meningkatkan kecekatan.
14: Winter Thanksgiving Festival: Gadis yang hatinya berwarna akan memberimu chocolate, yang hatinya hijau memberimu chocolate cake. Popuri datang jam 6, Ann jam 8, Elli jam 10, Karen jam 1, dan Maria jam 3. (jika kamu menyimpan coklat yang mereka berikan untuk beberapa hari, kamu bisa memberikan coklat kembali kepada mereka sebagai hadiah dan mereka kelihatan tidak terlalu memperhatikan bahwa kamu mengembalikan hadiah mereka)
24: Star Night Festival: Wanita yang mempunyai hati ungu akan mengundangmu pesta di rumahnya. Acara dimulai pukul 6 PM.
30: New Years : Mother’s Hill. Di puncak bukit ini, kamu dapat menemukan snow flower yang jarang ada, yang ingin dilihat Nenek Eli sebelum dia meninggal.
Item
g Animal Medicine
Harga- 1000G
Untuk mengobati penyakit hewan peliharaan. Bisa dibeli di Yodel Ranch atau Poultry Farm.
g Bell
Harga- 500G
Untuk memanggil ternak keluar atau ke dalam kandang. Lebih mudah kan daripada mendorong-dorong mereka ke sana sini. Beli dari Blacksmith (si Saibara).
g Blue Feather
Harga - 1000G
Untuk melamar gadis yang parameter perasaannya (gambar heart) merah. Beli di Supermarket.
g Blue Vase
Harga - 5000G
Won akan menjualnya padamu bila rumahmu sudah diupgrade sepenuhnya. Taruh bunga di dalamnya, berfungsi untuk mengurangi kelelahan.
g Cow Potion
Harga - 3000G
Membuat sapi hamil. Beli di Yodel Ranch.
g Dog Ball
Harga - 100G
Sangat berguna untuk melatih anjingmu, supaya bisa menang Dog Race dan membantu menggembala ternak. Won akan menawarkannya pada musim gugur (Fall).
g Fishing Rod
Harga - 0G
Tangkai pancing. Bicara dengan Greg di Spring tahun pertama dan dia akan memberikannya.
g Fishing Pole
Harga - 0G
Tangkai pancing, lebih banyak hasilnya dari pada Fishing Rod. akan diberikan Greg bila ikan di kolammu berjumlah 50 atau lebih. Untuk itu kamu harus rajin memancing dan memberi makan ikanmu (secara merata dari pinggir kolam).
g Medium Rucksack
Beli di Supermarket. Bisa membawa 4 tool dan 4 item.
g Large Rucksack
Harga-5.000G
Bisa membawa 8 tool dan 8 alat. Bisa dibeli di Supermarket 10 hari setelah kamu membeli Medium Rucksack.
g Sheep Potion
Cost - 3000G
Description - Membuat domba dewasa hamil. Beli di Yodel Ranch.
g Shears
Cost - 1800G
Description - Untuk menggunting bulu domba. Hasilnya bisa dijual dan dombamu makin cinta.
Home Shopping Network.
Setiap Sabtu pagi, televisimu akan menyiarkan penawaran item dapur dari saluran Home Shopping Network. Kamu akan membutuhkan item-item ini untuk mempraktekkan resep makanan. Untuk memesan, kamu harus menelpon dari Tavern (seharga 10G per panggilan). Biasanya waktu pengiriman item ialah 3 hari. Setelah semua barang dari Shopping Channel di pesan, acara televisi akan berganti.
Knife: 3.000 GFrying Pan: 2.500 GPot: 2.000 GMixer: 2.500 GWhisk (pengocok): 1.000 GRolling Pin (untuk membuat mie): 1.500 GOven (untuk membuat kue, pie, dan cookie): 5.000 GSeasoning Set (bumbu, terdiri dari garam, gula, cuka, saus tiram, pasta miso): 5.000GPower Fruit (tingkatkan energi 10): 5.000G
Tool Upgrade
Nama AlatBiayaLama (Hari)Tips
Upgrade ToolBrushMilkerClippers
Mayonnaise Machine
Butter Machine
Yarn Machine
Jewelry
1,000G-5,000G(tergantung level)3,000G5,000G4,000G
20,000G, Bijih Adamantite
20,000G, Bijih Adamantite
20,000G, Bijih Adamantite
1,000G, Bijih Orichalc
3000
5
5
5
3
g Gunakan terus alat sampai di bagian bawah layar data Tool ada tanda blue Stone. Tidak usah melakukan copper-gold upgrade. Langsung pakai mystril saja (yaitu setelah 400% pemakaian alat). Lebih hemat.g Untuk menyikat peliharaanmu. Mereka bakal makin cinta deh. Lakukan segera setelah punya 20.000-40.000 G. Kamu akan mendapat uang lagi setelahnya.g Untuk menyusui sapi. Sapimu akan semakin menyukaimu. Lakukan segera se-telah sapimu punya anak, jika punya uang.g Lakukan segera setelah punya domba.
g Lakukan segera setelah punya ayam.
g Lakukan segera setelah punya biayanya, rumput, dan sapi.
g Alias Cotton Machine. Sangat berguna tapi kamu toh jarang punya wol. Lakukan sehari sebelum kamu mendapat wol saja.
g Simpan sampai kamu punya 5 dan berikan sekaligus pada seorang gadis. Parameter perasaannya padamu bakal melonjak.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar